Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer

Sejarah Perkembangan Teknologi Komputer

Komputer sudah ada sejak zaman dahulu, bahakan perkembangannya pun terus berlanjut hingga saat ini. Namun banyak orang yang hanya melihat komputer di masa ini saja, tetapi tidak paham bagaimanakah generasi-generasi komputer pada masa-masa sebelumnya. Berikut adalah deretan perkembangan komputer dari masa ke masa, mulai dari generasi pertama dan seterusnya.

Berikut beberapa penjabaran sejarah perkembangan teknologi komputer yaitu sebagai berikut :

  • Komputer Generasi I ( Pertama )

Komputer generasi pertama ini berkembang di masa Perang Dunia II. Pada masa itu, negara yang terlibat perang berusaha mengembangkan teknologi komputer untuk mengeksploit posisi strategis dari komputer. Perkembangan pada era ini dimulai dengan ditemukannya Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC ). Penemuan ini pertama kali ditemukan oleh pihak Amerika Serikat yang saat itu bekerja sama dengan piha University of Pennyslavia di tahun 1946. Electronic Numerical Integrator and Computer ( ENIAC ) terdiri dari 18.000 tabung vakum , dilengkapi 70.000 resistor, serta 5 juta titik solder yang kemudian membutuhkan tenaga listrik sebesar 160 kwH.

Ciri-ciri komputer pada era ini yaitu :

  • Adanya penggunaan tube vakum ( sehingga komputer pada masa tersebut memiliki ukuran yang besar )
  • Silnder magnetik hadir sebagai penyimpan data
  • Instruksi dibuat secara spesifik untuk melaksanakan perintah tertentu
  • Tiap komputer memiliki kode biner yang berbeda satu sama lain
  • Komputer Generasi II ( Kedua )

3 orang fisikawan dari Amerika yaitu Walter House Brattain, Willian Brabdford, serta Jhone Barden akhirnya menemukan teknologi transistor pada tahun 1948. Ukurannya tentu lebih kecil dibandingkan dengan tabung vakum yang ada pada komputer generasi pertama. Transistor merupakan pengembangan dari memori inti magnetik yang sangat membantu perkembangan komputer generasi kedua tersebut. Dua pembaharuan dalam perangkat ini menjadikan ukuran komputer generasi kedua ini lebuh kecil dibandingkan generasi pertama serta lebih hemat energi.

Ciri-ciri komputer pada generasi ini yaitu :

  • Membutuhkan lebih sedikit sumberdaya
  • Kinerjanya jauh lebih cepat dibanding pendahulunya
  • Memakai teknologi transistor yang memperkecil ukurannya dari generasi pendahulunya
  • Komputer Generasi III ( Kretiga )

Ternyata transistor pada generasi kedua memiliki kelemahan, yaitu mudah panas dan beresiko merusak bagian dalam komputer. Pada 1958, Jack Kilby melakukan kombinasi terhadap komputer tersebut menggunakan 3 komponen elektronik. Kemudian, selanjutnya para ilmuwan ini berhasil memasukka  beberapa komponen lain kedalam komputer generasi ini. Alhasil, ukuran komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen tersebut dapat dimasukkan melalui sebuah chip.

Ciri-ciri komputer pada era ini yaitu :

  • Mengandung integrated circuit
  • Ukurannya semakin kecil karena satu chip mampu menyimpan banyak komponen
  • Adanya sistem operasi meskipun basisnya Comand Line Interface
  • Komputer Generasi IV ( Keempat )

Chip Intel 4004 yang diproduksi pada 1971 ini membawa sebuah kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen kedalam komputer. Kemampuan memasang sedemikian banyak komponen ini mendorong turunnya harga serta ukuran komputer. Akhirnya pada pertengahan 1970, para perakit menawarkan produknya ke masyarakat umum.

Please follow and like us:

About the author: adminyes

Leave a Reply

Your email address will not be published.