Penggantian SMS Google siap diluncurkan

Penggantian SMS Google siap diluncurkan

Penggantian SMS Google siap diluncurkan. Google telah memulai peluncuran global layanan pesan Obrolan baru, yang dirancang untuk menggantikan pesan teks SMS di ponsel Android. Obrolan memiliki fitur-fitur seperti teks kelompok, video, indikator pengetikan dan tanda terima baca, yang tidak tersedia ketika mengirim teks SMS.

Obrolan akan diintegrasikan dengan aplikasi pesan default di ponsel Android. Namun, itu akan tergantung operator seluler untuk mengaktifkan layanan dan tidak menawarkan pesan terenkripsi. Sistem baru telah dikembangkan selama beberapa tahun, tetapi sekarang mulai muncul di ponsel Android. Messaging pesan Android SMS – layanan pesan singkat – secara luas diadopsi pada 1990-an.

Ini memungkinkan ponsel bertukar pesan teks 160-karakter dasar melalui jaringan seluler. Aplikasi perpesanan modern menawarkan lebih banyak fitur canggih dan mengirim pesan melalui internet daripada menggunakan SMS. Namun, aplikasi perpesanan default pada smartphone Android – Pesan – masih merupakan klien SMS yang relatif dasar.

Google telah mencoba beberapa kali untuk meluncurkan aplikasi olahpesan seluler kaya fitur sendiri, tetapi upayanya gagal memenangkan audiens yang besar. Pada hari Kamis, perusahaan mengatakan “menghentikan” pengembangan upaya terbaru – Allo – yang diluncurkan pada tahun 2016. Saingan lanjutan Google saingan seperti Facebook Messenger dan WhatsApp mendukung fitur-fitur canggih seperti indikator mengetik dan gambar resolusi tinggi. IPhone milik Apple juga memiliki layanan iMessage yang kaya fitur yang sama.

 

BACA JUGA:  VIVO RESMI RILIS SMARTPHONE DENGAN IN-DISPLAY FINGERPRINT SCANNER

Kali ini, daripada mencoba untuk meluncurkan aplikasi pesan lainnya, Google telah bekerja untuk mengintegrasikan standar pesan baru dengan sistem operasi Android-nya. Operator seluler, produsen ponsel, dan pembuat aplikasi akan dapat menggunakan teknologi baru ini untuk mengembangkan aplikasi perpesanan yang kompatibel satu sama lain.Standar ini dikenal sebagai Profil Universal untuk Layanan Komunikasi Kaya (RCS) – tetapi akan diberi nama Obrolan yang lebih ramah konsumen saat diluncurkan ke perangkat Android.

Untuk mengembangkan Obrolan, Google telah bekerja dengan lebih dari 50 jaringan seluler termasuk Vodafone, T-Mobile dan Verizon dan produsen seperti Samsung, LG, dan Huawei.

Kesesuaian Setelah Obrolan diluncurkan ke seluruh dunia, pengguna Android akan dapat memanfaatkan fitur canggih saat mengirim pesan kepada pengguna Android lainnya. Seperti pada sistem iMessage Apple, jika penerima yang dituju tidak memiliki perangkat yang kompatibel dengan Chat, pesan akan dikirim melalui sistem SMS lama.

Google telah menekankan bahwa Obrolan bukan aplikasi Google baru. Karena RCS adalah standar komunikasi, terserah kepada jaringan seluler dan pembuat ponsel untuk mengaktifkan fungsi tersebut. Karena pesan dikirim melalui internet, mereka tidak akan menggunakan tunjangan pesan teks SMS pelanggan.

Namun, operator seluler secara teori dapat membebankan biaya terpisah kepada pelanggan untuk menggunakan Obrolan. Raksasa seluler AS Sprint sudah menyediakan fungsi Chat, sementara Rogers di Kanada juga telah mengaktifkan layanan. Microsoft adalah salah satu perusahaan yang telah mendukung RCS tetapi belum dikonfirmasi apakah akan menambahkan fungsi Chat ke Windows 10.

Apple belum mendaftar ke proyek. Samsung, yang sudah menggantikan aplikasi messaging default Android pada perangkatnya, akan mengintegrasikan RCS dengan perangkat lunaknya sendiri. Pakar keamanan memperingatkan bahwa Obrolan tidak menawarkan komunikasi terenkripsi.

Seperti SMS, pesan obrolan tidak diacak saat mereka bepergian melintasi jaringan seluler. Google Anil Sabharwal mengatakan kepada situs berita teknologi The Verge bahwa “RCS terus menjadi layanan milik operator”, yang berarti bahwa pesan masih dapat disadap secara hukum. Perusahaan itu mengatakan, pihaknya mengharapkan fungsi itu tersedia secara luas di ponsel Android dalam waktu dua tahun.

 

Please follow and like us:

About the author: adminyes

Has one comment to “Penggantian SMS Google siap diluncurkan”

You can leave a reply or Trackback this post.

  1. Leroy Karius - May 26, 2018 at 10:37 pm Reply

    kayaknya ga bakalan terlalu efektif saya lihat

Leave a Reply

Your email address will not be published.