Komputer untuk Kemajuan Desa

Komputer untuk Kemajuan Desa

Komputer merupakan seperangkat alat elektronik yang dapat memanipulasi data dengan cepat dan tepat dan dengan otomatis menyimpan dan menerima data input memprosesnya menjadi output sesuai dengan instruksi (Donald H. Saders 1985). Dari definisi tersebut tentunya kita dapat menyimpulkan komputer sebagai seperangkat alat elektronik yang dapat membantu kita dalam menerima, menyimpan, serta memproses data sesuai dengan kebutuhan kita sendiri.

Oleh karena itu, komputer dapat kita manfaatkan sebagai sarana untuk kemajuan desa-desa di seluruh Indonesia. Sudah banyak memang program-program seperti internet masuk desa dan lain sebagainya yang sudah dilaksanakan oleh pemerintah bersama dengan pihak swasta, dan sudah banyak juga bantuan komputer yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada pemerintah desa sebagai sarana penunjang pemerintahan desa.

Kenyataan saat ini adalah masih banyak masyarakat desa yang buta akan kemajuan teknologi, tidak bisa memainkan komputer adalah salah satu masalah yang dihadapi oleh masyarakat desa. Padahal dengan menguasai penggunaan komputer, kita bisa mengetahui perkembangan dunia dan peluang-peluang kerja serta usaha yang ada. Selain daripada itu, dengan menguasai penggunaan komputer kita bisa lebih mudah untuk mencari ide untuk berkarya.

Kemajuan desa sangat dibutuhkan untuk setidaknya bisa membantu menurunkan angka pengangguran dan menikkan angka bertahan hidup masyarakat desa yang tidak memiliki sumber daya alam yang melimpah. Kemajuan desa bisa ditandai dengan masyarakat desa yang mulai dapat berfikir kreatif untuk bertahan hidup meskipun mereka sedang dalam keadaan yang terburuk sekalipun.

Dengan kata lain masyarakat desa bisa mandiri dalam memanajemen kehidupan mereka dan tidak terlalu tergantung kepada pemerintah pusat lagi. Untuk itu, dibutuhkan kemelekan akan teknologi yang dapat membantu mereka dalam mengerjaka sesuatu.

Komputer dapat membantu dalam mewujudkan kemajuan desa. Dengan kemampuan untuk memberi informasi kepada penggunanya, masyarakat desa akan lebih terbantu untuk mencari informasi terbaru tentang dunia luar. Dengan menguasai komputer, masyarakat desa juga bisa lebih kreatif dalam memilih sudut pandang dan memanfaatkan peluang yang ada.

Contohnya seperti membuat resep makanan yang baru dengan cara mencampurkan resep satu dengan resep lainnya melalui internet yang bisa diakses via komputer. Contoh lainnya adalah masyarakat bisa dengan mudah mencari inspirasi usaha, bisa usaha online maupun offline. Mereka bisa mencari peluang usaha apa yang sekiranya bisa sangat menguntungkan jika diterapkan di desa mereka.

Selain peluang usaha, masyarakat desa juga bisa membantu pemerintah desa untuk menjadikan desa tersebut menjadi lebih indah dan asri dengan melihat contoh-contoh desa yang telah maju di Indonesia mau pun dunia.

Komputer untuk kemajuan desa bukanlah merupakan wacana semata jika pemerintah mampu mengenalkan dan mengajarkan cara pengoperasian komputer dengan baik dan benar supaya masyarakat desa mampu memanfaatkan komputer tersebut untuk Indonesia yang lebih bersinar.

Please follow and like us:

About the author: adminyes

Leave a Reply

Your email address will not be published.