Kenali Macam Sistem Keamanan Komputer

Kenali Macam Sistem Keamanan Komputer

Semakin berkembangnya teknologi, maka dibutuhkan juga keamanan yang lebih sehingga tidak ada masalah yang akan timbul. Keamanan dalam komputer lebih dikenal dengan kemanan informasi yang ada di komputer. Sasaran utamanya adalah untuk perlindungan informasi terhadap pencurian atau pengambilan data yang tidak diizinkan oleh sistem perangkat tersebut. Keamanan komputer biasanya memberikan persyaratan system yang berbeda-beda.Sering kali berbentuk pembatasan terhadap apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan oleh komputer.

Hal ini membuat system komputer menjadi rumit, karena harus membuat komputer yang sudah dirancang agar di lakukan dengan benar. Keamanan komputer menyajikan strategi teknis dalam merubah persyaratan negatif menjadi positif.  Dengan begitu terbentuklah sebuah perangkat yang digunakan untuk melindugi komputer dari tindakan yang tidak sesuai dengam izin perangkat tersebut.

Lihat juga : Macam Jaringan yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini adalah pengamanan pada sistem keamanan komputer :

  • Network Topology, merupakan sebuah jaringan yang di bagi menjadi dua yaitu jaringan eksternal dan internal yang sering disebut dengan DeMilitarzed (DMZ). Untuk dari pihak luar, hanya dapat melakukan berhubungan dengan host-host pada jaringan DMZ menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Host-host yang ada di jaringan DMZ dapat melakukan hubungan dengan host-host yang ada di jaringan internal. Host-host yang ada di internal tidak dapat melakukan hubungan dengan jaringan luar, melainkan harus melalui perantara host pada jaringan DMZ, sehingga nantinya pihak luar tidak akan tahu keberadaan host-host yang ada di jaringan internal.
  • Security Information Management (SIM). SIM biasanya berfugsi untuk menyediakan informasi yang berkaitan dengan pengamanan jaringan komputer. Keamanan informasi tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan data dari peralatan keamanann jaringan computer saja namun bisa untuk menganalisa data yang ada melalui teknik korelasi dan query dengan data terbatas sehingga dapat menghasilkan peringatan dan laporan yang lebih lengkap dari setiap serangan. Dengan adanya SIM komputer pengelolaan jaringan komputer menjadi efektif dalam memberikan penanganan, sehingga pengelolaan keamanan lebih terjamin.
  • IDA dan IPS, merupakan sistem yang digunakan untuk mendeteksi dan melindungi sebuah sistem keamanan dari pihak luar ataupun dalam yang menyerang. Intrusion Detection System (IDS) akan menerima kopi paket yang ditujukan untuk host untuk selanjutnya memeriksa isi paket tersebut. Jika ditemukan paket yang berbahaya maka IDS akan memberikan peringatan kepada pengelola sistem, karena kopi paket salinan dari paket yang asli. Intrusion Prevention System (IPS) bersifat lebih aktif dibandingkan IDS. IPS bekerjasama dengan firewall, yang dapat memberikan keputusan apakah sebuah paket dapat diterima atau tidak. Jika ditemukan paket yang berbahaya maka IPS akan memberuitahukan pada firewall untuk menolak paket data tersebut. Dalam membuat keputusan IDS dan IPS menggunakan metode berikut. Signature Based Instrusion Detection System, yang digunakan untuk mendeteksi apakah paket berbahaya atau tidak. Sistem ini harus melakukannya secara bersama dengan IPS maupun IDS untuk mengetahui pola paket apa yang ada dalam sebuah sistem jaringan komputer. Paket anomaly merupakan paket yang tidak sesuai dengan kebiasaan yang ada di jaringan komputer tersebut. Post Scanning, biasanya sering diguankan untuk para pengganggu untuk mengetahui apa saja post yang ada dalam sebuah sistem jaringan komputer.

Itulah 3 pengaman yang terdapat di dalam komputer. Dengan menggunakan sistem tersebut maka sistem keamanan komputer akan lebih terjaga dan pihak luar tidak mudah masuk untuk menyerang. Semoga bermanfaat untuk anda.

Please follow and like us:

About the author: adminyes

Leave a Reply

Your email address will not be published.